Peringatan HUT PPM ke-41 Gianyar Meriah

Lomba menggambar

Hari Sabtu,9 Juni 2012. Bertempat di wantilan Br. Apuan –Desa Singapadu. Diawali dengan lomba mewarnai tingkat TK dan lomba menggambar tingkat SD . Lomba ini bertema semanagat perjuangan ’45 untuk memupuk rasa patriotis anak-anak dan memahami betapa pentingnya kemerdekaan yang berpeluh darah ini di pertahankan.  Dalam lomba itu sengaja pemenang di buat banyak yaitu mulai juara satu sampai juara harapan 3 untuk masing-masing katagori. Hal ini untuk menggugah semangat generasi muda berkreasi dan berprestasi. Hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan bingkisan dari panitia.Image

Pengobatan Gratis

Setelah sukses bersafari kesehatan veteran, kini giliran masyarakat di sekitar lokasi upacara mendapat pengobatan gratis. Bekerjasama dengan dinas Kesehatan kabupaten Gianyar dan Puri Damai  Br. Tunon Desa Singakerta, PPM Gianyar menunjukan rasa solidaritas kepada masyarakat. Sekitar 100 orang warga menikmati pengobatan gratis tersebut.  Ir. Ida Ayu Rusmarini, MP di sela-sela acara tersebut menekankan pentingnya menjaga kesehatan pribadi masyarakat dan obat-obatan yang dianjurkan bukanlah obat yang mahal karena obat herbal sangat mudah diambil dilingkungan kita yang penting tahu dan mengerti akan kegunaan, aplikasi obat herbal. Peraih KEHATI Award 2012 itu menyudahi kegiatan pengobatan gratis pukul 15;30 WITA  setelah 1,5 jam melayani masyarakat karena harus mengikuti puncak upacara peringatan tepat pukul 16:00 Wita.

6oan Veteran se-Gianyar di Puri Sangsi.

Sebelum menghadiri upacara peringatan HUT PPM ke-41. Sekitar 60 orang  Veteran Pejuang 1945 transit di Puri Sangsi. Puri ini terletak di seberang jalan lokasi upacara. Keluarga Puri sekaligus Owner Bali Zoo Park  A.A. Gde Putra  dengan sumringah menyapa dan menjamu para veteran. Beliau sangat berterimakasih atas kesediaan para tetua itu hadir penuh semangat ikut memotifasi generasi muda.

Image  Image

Tiba gilirannya Bupati Gianyar Tjokorda Oka Ardana Sukawati hadir. Semua tetua mendapat salam hangat diawali dengan pekik merdeka. Beliu meminta maaf karena tiba belakangan walaupun tepat sesuai undangan panitia. Tidak lama berselang hadir juga wakil Bupati Gianyar  Dewa Made Sutanaya, Sekda Gianyar Tjokorda Nindia, Dandim 1616 Gianyar, Kejaksaan Gianyar, dan unsur pemerintahan terkait.

Pukul 16:00 Wita Bupati Gianyar memapah veteran yang renta ke lokasi upacara. Diiringi putra-putri veteran (PPM) yang juga memapah para veteran. Di depan lokasi upacara mereka disambut salam merdeka oleh anggota PPM, anak-anak Paud dan pagar betis dari siswa SMAN1 Sukawati. Sangat mengharukan. Pejuang yang masih hidup itu kembali berkobar semangatnya terkenang masa perjuangan. ( apabila kami telah tiada, titip negeri ini ya nak!).

Prosesi HUT Sukses.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh ketua panitia Cokorda  Bawa Swastika, SE memaparkan bahwa acara peringatan HUT ke-41 PPM Gianyar berjalan lancar berkat semangat dari semua anggota PPM dan bantuan dari masyarakat, pengusaha juga instansi terkait. Semua Agenda berjalan sesuai jadwal dan memuaskan.Tema Peringatan HUT ke-41 PPM Gianyar kali ini “melalui peringatan Hut PPM ke-41 Kab. Gianyar Kita Mantapkan Persatuan dan Kesatuan dalam mensukseskan program pembangunan Kabupaten Gianyar yang berlandaskan Tri Hita Karana” .Implementasinya berupa kegiatan : Penanaman Pohon, Kebersihan  Tugu pahlawan, Kebersihan Taman Pahlawan, Jalan Sehat berhadiah, Sembahyang bersama, Safari kesehatan Veteran, Tabur Bunga, Lomba Mewarnai , Pengobatan gratis masyarakat dan penebaran bibit ikan semua terlaksana baik. Dalam kesempatan itu tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada para donatur , partisipasi masyarakat  dan semua pihak.

Image  Image

PPM adalah Garda Depan Pembangunan di segala bidang.

Ketua DPC PPM Gianyar Tjokorda Rai Pemayun, SH dalam sambutannya memuji keberhasilan Bupati Gianyar yang juga keluarga besar PPM memimpin Gianyar dalam kurun waktu 5 Tahun. Beliau tetap menegaskan bahwa semua anggota PPM harus meniru keteladanan yang dilakukan Bupati, karena PPM adalah garda depan pembangunan di segala bidang. Nilai-nilai perjuangan kemerdekaan harus tetap tertanam. Seorang anggota PPM tidak boleh kecewa apalagi mengecewakan bangsa. Sektor pekerjaan yang harus ditempati haruslah mencerminkan semangat kejuangan tinggi, suportifitas tinggi, jujur, setia kawan dimanapun mereka bekerja. Tidak lupa beliu berharap bapak bupati Gianyar untuk mengupayakan berdirinya monumen perjuangan di desa Singapadu. Karena basis perjuangan ada di desa Singapadu. Untuk CSR yang tiap tahun dilakukan PPM Gianyar tahun ini tetap diupayakan. Hal ini belum berjalan karena team analisis bedah rumah belum melaporkan hasil surveynya sehingga kebutuhan dana dan pendekatan ke pihak sponsor belum dilakukan. Tahun 2011 PPM Gianyar dibantu dana CSR  oleh BPD Cabang Gianyar sebesar 50 Juta dan mampu membedah 7 Rumah Veteran yang kurang beruntung se kabupaten Gianyar.

Paparan Panjang Bupati Gianyar

Dr,ir Tjokorda Oka Arta Ardana Sukawati,M Si. Patriot PPM sekaligus Bupati Gianyar dalam pidatonya yang panjang memaparkan keberhasilan pembangunan Gianyar dalam masa kepemimpinan beliu. Dengan MOTO sekali berarti telah itu mati. Beliau meminta maaf karena tidak mencalonkan diri kembali sebagai bupati. Bukan berarti tidak menyerap aspirasi masyarakat, tetapi pada prinsipnya apa yang telah dilakukan sudah cukup. Seperti pohon pisang, buahnya sudah dirasakan oleh masyarakat dan saatnya beliu mundur untuk memberikan kesempatan bagi kandidat selanjutnya. Harapanya siapapun yang menjabat nanti haruslah membawa Gianyar kearah lebih baik. Dalam kesempatan itu beliau juga membagikan laporan Refleksi Pencapaian Pembangunan Gianyar dari Tahun 2008 hingga Tahun 2012 kepada tokoh masyarakat, Veteran, dan Ketua DPD PPM Prov. Bali

.ImageImage

Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba, penyerahan simbolis bibit ikan kepada warga banjar Apuan Singapadu dan desa adat Kebon Singapadu, penyerah bibit pohon kelapa kepada Desa Pakraman Kebon dan Desa Pakraman Singapadu. Penyerahan Bingkisan kepada para Veteran yang di sponsori oleh PT Askes cabang kelungkung. Dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPC PPM Gianyar yang diserahkan kepada Bupati  kepada Mada LVRI Gianyar. Acara di tutup dengan hymne PPM yang juga mengawali dengan Lagu Indonesia Raya dan Hymne PPM oleh SMAN1 Sukawati. Hiburan berupa topeng Bondres Bapak Ketut Kodi dan Bapak Suweca. (PUN)

Image

Tinggalkan komentar